Jumat, 18 November 2011

Contoh Judul Skripsi Fisika

Prestasi Belajar Fisik Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas

Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Pendidikan Fisika dengan Judul : Prestasi Belajar Fisik Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas
Belajar merupakan hal yang sangat mendasar yang tidak bisa lepas dari kehidupan semua orang. Seiring dengan perkembangan masyarakat dan kebutuhan yang meningkat, pemerintah berupaya untuk meningkatkan dunia pendidikan. Hal yang harus dilakukan oleh dunia pendidikan tentunya harus mempersiapkan sumber daya manusia yang kreatif, mampu memecahkan persoalan-persoalan yang aktual dalam kehidupan dan mampu menghasilkan teknologi baru yang merupakan perbaikan dari sebelumnya.


Pengembangan Sensor PH Menggunakan Prussian Blue – Polipirol

Abstrak Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul: Pengembangan Sensor PH Menggunakan Prussian Blue – Polipirol
Telah dikembangkan teknologi pengukuran pH `dengan menggunakan Polipirol – Prussian Blue sebagai sensor pH. Polipirol merupakan suatu polimer konduktif yang bersifat mengantarkan arus listrik dan memiliki sifat optik. Prussian Blue merupakan senyawa komplek antara besi dengan sianida. Teknik yang digunakan untuk sensor pH ini adalah teknik polimerisasi dengan metode galvanostatik menggunakan elektroda stainless steel.
Read more..

Pengaruh Temperatur Terhadap Laju Volume Oli

Bab Pendahuluan Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul:Pengaruh Temperatur Terhadap Laju Volume Oli
Kegiatan penyelidikan dalam fisika dapat diwujudkan dengan menggunakan kegiatan eksperimen, maupun kajian teoritis dengan selalu berdasarkan pada metode ilmiah. Dari rangkaian kegiatan itu akan dapat dihasilkan suatu kebenaran berupa konsep, asas, teorema ataupun hukum serta tetapan yang dapat diakui secara umum. Untuk keperluan pendidikan, pendekatan pengajaran fisika melalui penemuan merupakan strategi belajar mengajar yang menuntut peserta didik melakukan sesuatu agar selama proses belajar mengajar berlangsung dapat memahami konsep, asas, teori dan hukum-hukum fisika secara benar. Sehingga diharapkan peserta didik akan tertarik dalam mengembangkan minat dan kemampuan untuk mempelajari fisika secara mendalam.
Read more..

Pembuatan Prototipe Sumber Radioaktif Dari Abu Kaos Lampu Petromaks

Bab Pendahuluan Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul:Pembuatan Prototipe Sumber Radioaktif Dari Abu Kaos Lampu Petromaks
Saat ini energi nuklir dinilai sebagai sumber energi andalan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi masyarakat di masa yang akan datang. Pemanfaatan energi nuklir menghindarkan masyarakat dari krisis energi akibat semakin menipisnya energi fosil yang selama ini digunakan. Dalam perkembangan teknologi, sengaja diproduksi sumber – sumber radiasi untuk berbagai tujuan penggunaan di berbagai bidang seperti kedokteran, industri pertanian, perhubungan, pertambangan dll. Sumber – sumber radiasi tersebut terdapat dalam berbagai bentuk seperti Sinar X, radionuklida, irradiator, sumber neutron, reaktor atom dan alat pencacah partikel. Sampai saat ini banyak nuklida radioaktif yang proses pembuatannya dengan menggunakan reaktor atom atau pemercepat partikel seperti akselerator dan siklotron.
Read more..

Aplikasi Metode Geolistrik Resistivitas Untuk Menentukan Letak Akumulasi Rembesan Polutan Sampah

Abstrak Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul: Aplikasi Metode Geolistrik Resistivitas Untuk Menentukan Letak Akumulasi Rembesan Polutan Sampah
Aktivitas manusia dalam memanfaatkan alam selalu meninggalkan sisa yang dianggap sudah tidak berguna lagi sehingga diperlakukan sebagai barang buangan, yaitu sampah dan limbah (Widyatmoko dan Sintorini, 2002). Sampah adalah buangan berupa padat merupakan polutan umum yang dapat menyebabkan turunnya nilai estetika lingkungan, membawa berbagai jenis penyakit, menurunkan sumber daya, menimbulkan polusi, menyumbat saluran air dan berbagai akibat negatif lainnya (Bahar, 1985). Sampah merupakan masalah bagi semua orang, sehingga manusia menyingkirkan sampah sejauh mungkin dari aktivitas manusia. Di kota-kota besar untuk menjaga kebersihan sering kali menyingkirkan sampah ke tempat yang jauh dari pemukiman atau yang biasa disebut Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Read more..

Solusi Inversi Medan Terhambur Disekitar Obyek Dengan Metode Newton Kantorovich

Abstrak Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul: Solusi Inversi Medan Terhambur Disekitar Obyek Dengan Metode Newton Kantorovich
Pada penelitian ini, telah dilakukan iterasi alogoritma pada citra geombang mikro dengan metode Newton Kantorovich. Citra obyek digambar dengan cara menyusun kembali distribusi permitivitas komplek dari obyek yang memiliki sifat dielektrik yang tidak sejenis dan dengan bentuk yang tidak beraturan. Data hamburan dari gelombang mikro yang mengenai obyek diinverskan dengan metode Newton Kantorovich. Data medan terhambur disimulasikan dengan cara menyelesaikan integral medan di dekat obyek.
Read more..

Sistem Pengukuran Suhu Dengan Informasi Suara Untuk Orang Buta

Abstrak Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul: Sistem Pengukuran Suhu Dengan Informasi Suara Untuk Orang Buta
Saat ini termometer telah banyak digunakan oleh masyarakat. Pada umumnya termometer dirancang untuk orang yang memiliki kondisi fisik normal terutama dalam kemampuan melihat. Orang cacat khususnya orang buta, akan menemui kesulitan dalam menggunakan termometer yang ada. Berkaitan dengan masalah tersebut, tugas akhir ini menjelaskan tentang perancangan termometer badan untuk mereka yang mengalami keterbatasan dalam melihat.
Read more..

Prestasi Belajar Fisik Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas

Bab Pendahuluan Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul: Prestasi Belajar Fisik Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas
Belajar merupakan hal yang sangat mendasar yang tidak bisa lepas dari kehidupan semua orang. Seiring dengan perkembangan masyarakat dan kebutuhan yang meningkat, pemerintah berupaya untuk meningkatkan dunia pendidikan. Hal yang harus dilakukan oleh dunia pendidikan tentunya harus mempersiapkan sumber daya manusia yang kreatif, mampu memecahkan persoalan-persoalan yang aktual dalam kehidupan dan mampu menghasilkan teknologi baru yang merupakan perbaikan dari sebelumnya.
Read more..

Citra Gelombang Mikro Parameter Penyetabil Dalam Metode Newton Kantorovich Pada Aplikasi Permasalahan Inversi Medan Terhambur

Abstrak Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul: Citra Gelombang Mikro Parameter Penyetabil Dalam Metode Newton Kantorovich Pada Aplikasi Permasalahan Inversi Medan Terhambur
Pada penelitian ini telah dipelajari pengaruh penyetabil pada perilaku solusi permasalahan inversi medan terhambur dengan metode Newton Kantorovoich (NK). Medan terhambur terjadi karena gelombang mikro yang ditransmisi ke obyek mengalami difraksi. Persamaan integral medan terhambur ini berbentuk non linier dan berkondisi ill-possed. Dengan menggunakan metode Newton Kantrovoich akan diselesaikan persamaan integral non linier yang tidak dapat diinversi secara langsung. Untuk menyetabilkan kondisi pada metode NK, persamaan integral medan diberi penyetabil. Pada penelitian ini akan diinvestigasi penggunaan metode penentu nilai penyetabil. Metode yang diamati adalah metode empirik. Metode ini diaplikasikan pada data dengan kontras homogen dan bikontras, dan juga data dengan noise, dimana data-data tersebut diambil dari perhitungan komputer. Kemudian untuk menilai kualitas dari metode yang dipilih dapat diketahui dengan melihat kualitas citra yang dihasilkan.
Read more..

Investigasi Kontras Objek dan Data Noise

Abstrak Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul: Investigasi Kontras Objek dan Data Noise
Sistem tomografi adalah suatu metode untuk menggambarkan penampang lintang suatu benda tanpa memasukkan suatu alat dalam benda atau membelah benda tersebut. Citra objek dapat dibangun dari proyeksi data yang terukur dengan menggunakan algoritma perekonstruksi citra. Data proyeksi dicapai dengan menyinari suatu benda dengan gelombang elektromagnetik yang dapat menembus benda seperti sinar-x dan sinar-g. Metode perekonstruksi citra yang dapat digunakan diantaranya adalah Algebraic Reconstruction Techniques (ART) dan Simultaneous Reconstruction Techniques (SART). Kedua metode tersebut telah berhasil diaplikasikan pada beberapa bentuk geometri, akan tetapi belum ada studi tentang sensitifitas algoritma terhadap kontras objek, sehingga perlu diadakan penelitian di bidang ini.
Read more..

Pemrosesan Plastik Foam Mikroseluler

Bab Pendahuluan Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul: Pemrosesan Plastik Foam Mikroseluler
Seiring dengan berkembangnya jaman, perhatian masyarakat terhadap pola hidup sehat semakin meningkat. Hal ini mendorong masyarakat lebih selektif dalam hal pemilihan produk. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ini, maka diperlukan produk yang sehat baik ketika dalam pemrosesan, pengemasan, sampai bisa dikonsumsi. Untuk memenuhi syarat sehat dalam pengemasan diperlukan pengembangan bahan kemasan (packaging) yang aman bagi kesehatan, salah satunya adalah foam plastik mikroseluler. Pemrosesan foam plastik mikroseluler menggunakan blowing agent CO2 dan N2 yang selain aman dari segi kesehatan juga ramah lingkungan, karena bersifat inert.
Read more..

Penentuan Kadar Soda yang Hilang di Tahap Pencucian IV pada Proses Pembuatan Pulp

Bab Pendahuluan Skripsi Fisika dengan judul: Penentuan Kadar Soda yang Hilang di Tahap Pencucian IV pada Proses Pembuatan Pulp
Dalam era globalisasi sekarang ini, kebutuhan manusia dalam berbagai bidang meningkat dengan pesat, diantaranya adalah kebutuhan sandang dan kertas. Sandang merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, sejalan dengan bertambahnya penduduk dan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka meningkat pula kebutuhan akan sandang dan kertas.
Read more..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar